6 Daerah Penghasil Gas Alam Paling Melimpah di Indonesia, Salah Satunya di IKN
Ilustrasi penambangan gas alam (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Indonesia memiliki beberapa daerah penghasil gas alam yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi. Keberadaan daerah tersebut makin mengukuhkan Indonesia sebagai negara yang kaya. Bahkan salah satu daerah penghasil gas ada di Ibu Kota Nusantara.

Daerah Penghasil Gas Alam di Indonesia

Indonesia juga masuk dalam 10 besar negara penghasil gas alam melimpah di dunia. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral RI juga telah memetakan daerah yang menjadi produsen sekaligus menyimpan cadangan gas alam.

Berdasarkan Keputusan Menteri ESDM Republik Indonesia No. 214 K/82/MEM/2020 tentang Penetapan Daerah Penghasil dan Dasar Penghitungan Dana Bagi Hasil Sumber Daya Alam Minyak dan Gas Bumi untuk Tahun 2021, berikut daerah penghasil gas di Indonesia.

  1. Sumatera Selatan

Daerah penghasil gas alam paling melimpah pertama adalah Provinsi Sumatera Selatan. Cadangan gas alam di Sumatera Selatan tersebar di tujuh kabupaten yakni Kabupaten Lahat, Muara Enim, Prabumulih, Musi Banyuasin, Musi Rawas, Ogan Komering Ulu, Penukal Abab Lematang Ilir. Secara keseluruhan, jumlah gas alam di Sumatera Selatan mencapai 497.426,90 MMBTU (satuan gas alam).

  1. Papua Barat

Tidak hanya terkenal dengan kekayaan hayatinya, Papua Barat juga memiliki kekayaan lain yang berupa gas alam. Jumlah gas alam dari Papua Barat mencapai 457.423,21 MMBTU, yang ditopang dari dua kabupaten yakni Teluk Bintuni dan Sorong. Di Teluk Bituni jadi lokasi penambangan dan penglolahan LNG (gas alam cair) paling besar di Papua Barat. Selain itu cadangan gas juga ditemukan di Kapulanda, Babo, dan Klamono.

  1. Sulawesi Tengah

Daerah ini juga disebut memiliki cadangan dan menjadi produsen gas alam yang cukup besar hingga 136.329,57 MMBTU. Menariknya lagi angka tersebut didapat dari jumlah gas yang ada di kabupaten tersebut hanya berasal dari satu kabupaten saja yakni Kabupaten Banggai.

  1. Kalimantan Timur

Siapa sangka wilayah yang menjadi calon Ibukota RI itu menyimpan cadangan gas alam yang cukup besar yakni mencapai 81.823,68 MMBTU. Di wilayah ini pula berdiri Kilang LNG terbesar di dunia yang pengelolaannya berada di tangan Pertamina dan Blok Mahakam.

Beberapa kota di Kalimantan Timur yang menghasilkan gas adalah Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kertanegara, Kabupaten Panajam Paser Utara, dan Kota Bontang.

  1. Jambi

Jambi menjadi wilayah penghasil gas alam paling banyak selanjutnya di Indonesia. total gas alam Jambi sebanyak 76.363,99 MMBTU. Wilayah ini punya empat kabupaten yang menghasilkan gas alam dengan jumlah yang melimpah yakni Kabupaten Muaro Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan Kabupaten Batanghari.

  1. Jawa Barat

Dari tiga provinsi Jawa, Jawa Barat mampu menghasilkan gas alam paling banyak dari Jawa Timur dan Jawa Tengah. Total gas alam Jawa Barat mencapai 66.998,03 MMBTU. Gas yang ada di Provinsi Jawa Barat paling banyak ditemukan di 6 kabupaten dan 1 kota yakni Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi.

Kandungan gas bumi di Jawa Barat disebut 4 kali lebih banyak dibanding kandungan minyak bumi. Meski demikian total gas bumi di Jabar belum bisa memenuhi kebutuhan ekspor.

Itulah beberapa daerah penghasil gas alam terbanyak di Indonesia. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.