Provinsi Berpotensi Cuaca Ekstrim Jelang Tahun Baru, BNPB: Waspada Banjir dan Tanah Longsor
Provinsi Berpotensi Cuaca Ekstrim Jelang Tahun Baru (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tahun Baru 2023 sudah tinggal hitungan hari lagi, namun bagaimanakah dengan cuaca ketika malam perayaan pergantian tahun 2022 ke 2023 nanti? Adakah prediksi untuk provinsi berpotensi cuaca ekstrim jelang tahun baru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP)?

"Mengingatkan kepada pemerintah daerah di Jawa, Bali, NTB (Nusa Tenggara Barat), kemudian Sulawesi Selatan yaitu potensi hujan lebat hingga sangat lebat," ujar Pelaksana tugas Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam acara daring Disaster Briefing di Jakarta. Demikian dikutip VOI dari Antara, Selasa (26/12).

Potensi Cuaca Ekstrim

Oleh sebab itu, BNPB memperingatkan supaya kawasan-kawasan yang jadi langganan musibah hidrometeorologi tertinggi, seperti pada Provinsi Jawa Barat, dan terutama Kabupaten Bogor untuk berhati-hati pada banjir dan rawan longsor.

"Tak terkecuali meski hujan sedang sampai lebat di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Maluku, Papua. Aceh masih ada tempat yang belum kering, sehingga dikhawatirkan kemudian tempat-tempat yang baru saja terkena banjir juga kembali berair," ujarnya.

Meminta Masyarakat Siaga dan Waspada

BNPB minta kesiapsiagaan masyarakat mesti disiapkan. Kemudian, peran dari pemerintah setempat aparat TNI-Polri dan BPBD juga sepatutnya dipersiapkan, khususnya kelompok sosial.

Abdul menganjurkan untuk kesiapsiagaan musibah cuaca ekstrem di tingkat masyarakat dengan mengaktifkan siskamling di tingkat RT dan RW.

"BMKG telah memberi tahu di sebagian provinsi tadi cuaca ekstrem akan menurun hingga ke tahun baru tiap malam pergantian. Dan seharusnya memperhatikan benda-benda apabila cuaca hujan deras telah terjadi lebih dari 2 jam, karenanya langsung evakuasi secara mandiri dan masyarakat bahkan wajib mau evakuasi secara mandiri," tutur Abdul.

Jadi setelah mengetahui Provinsi berpotensi cuaca ekstrim jelang tahun baru, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!