Cuaca Kamis 16 November 2023: Waspada Hujan dan Petir di Kota-kota Ini
Ilustrasi Cuaca Esktrem (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prediksi prakiraan cuaca untuk Kamis 16 November 2023. BMKG mengingatkan waspada hujan disertai petir untuk sejumlah kota besar di Tanah Air.

Prakirawan BMKG Yuni Maharani mengungkapkan, untuk Pulau Sumatera waspada hujan disertai petir/kilat diprediksi terjadi di Kota Banda Aceh, Jambi, Pangkalpinang, dan Banda Lampung.

“Waspada hujan dengan intensitas lebat di Kota Medan,” ujarnya, Kamis 16 November.

Di Pulau Jawa, waspada hujan disertai petir/kilat diperkirakan terjadi di Kota Yogyakarta.

Di Pulau Kalimantan, waspada hujan disertai petir atau kilat diprediksi terjadi di Kota Pontianak. Sedangkan di Sulawesi waspada hujan disertai petir/kilat diprediksi terjadi di Kota Palu.

“Dalam situasi pancaroba ini, kami imbau untuk waspada akan adanya potensi puting beliung hujan es hujan lebat disertai petir atau angin kencang di periode peralihan,” jelas Yuni.

Ia mengatakan, analisis citra satelit menunjukkan bahwa pertumbuhan awan signifikan terdapat di sebagian besar wilayah Aceh, kemudian Jawa Barat, Kalimantan Tengah, Gorontalo, dan Nusa Tenggara Timur.

Suhu udara di kota-kota besar di wilayah Indonesia berkisar 20 hingga 30 derajat celsius dengan kelembaban sekitar 50 hingga 100%.