Awas Penipuan, Ini Ciri-ciri Surat Konfirmasi Tilang Asli dari Polisi
Ilustrasi tilang (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Aksi penipuan modus surat konfirmasi tilang yang dikirim melalui pesan singkat Whatsapp kini marak terjadi. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebut ada beberapa ciri untuk memastikan ke asliannya.

Melalui akun Instagram @tmcpoldametro, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menyampaikan pada surat konfirmasi tilang yang asli ada beberapa keterangan salah satunya waktu dan lokasi terjadinya pelanggaran.

"Di sini ada fotonya, ada bisa diklik gambarnya, dan kapan melanggaranya," ujar Latif dikutip Kamis, 2 Mei.

Selain itu, pada surat konfirmasi tilang yang asli terdapat link situs resmi yakni https://etle-korlantas.info/id/. Sehingga, para pelanggar bisa langsung memeriksa data pelanggaran.

Surat konfirmasi tilang yang dikirim melalui Whatsaap merupakan pengembangan skema penindakan. Di mana, Polda Metro Jaya juga membuat sistem dengan nama Cakra Presisi.

Sistem itu mendukung pengiriman notifikasi tilang melalui SMS, Whatsapp, dan email kepada pelanggar. Sehingga, penegakan hukum lalu lintas menjadi lebih efisien.

"Sistem ini bikin penegakan hukum lalu lintas jadi lebih efisien karena pemberitahuan langsung dikirimkan pada hari yang sama saat terjadinya pelanggaran lengkap dengan detailnya," tulis akun @tmcpoldametro.

Diketahui, aksi penipuan modus surat konfirmasi tilang ETLE sempat marak terjadi. Para pelaku mengirimkan surat melalui Whatsapp dalam bentuk format Android Package Kit (APK).

Terkait