Tekad Indonesia U-23 Raih Tiket Olimpiade Paris 2024
Indonesia U-23 akan menghadapi Irak U-23 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Perjuangan Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024 masih berlanjut. Mereka bakal menghadapi Irak U-23 pada perebutan tempat ketiga.

Peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024 merupakan tiket otomatis menuju Olimpiade Paris 2024.

Melihat kans itu, Garuda Muda bertekad memenangi laga melawan Irak U-23 demi membawa kebanggaan buat Indonesia.

Semangat dan tekad kuat itu diungkapkan salah satu penggawa Timnas Indonesia U-23, Rio Fahmi. Demi bisa meraih target di depan mata, pemain Persija Jakarta itu mengatakan bahwa tim tak segan untuk mengerahkan segala kemampuan di hadapan Irak U-23.

"Kami siap untuk laga besok. Kami akan mengerahkan segalanya di lapangan untuk menang dan merebut tiket Olimpiade serta membanggakan masyarakat Indonesia," kata Rio Fahmi dalam ketengan di konferensi pers jelang laga dikutip Kamis, 2 Mei 2024.

Rio Fahmi lebih lanjut menyebut bahwa persiapan tim menjadi hal yang harus difokuskan. Meski mengakui Irak U-23 bukan lawan mudah, dengan persiapan matang ia merasa bisa melalui laga dengan performa terbaik.

"Saya rasa Irak U-23 merupakan tim yang bagus. Namun, kami fokus mempersiapkan diri sendiri dan itu dilakukan agar kami bisa memenangi laga," tuturnya.

Jika bisa mengamankan kemenangan atas Irak U-23, Indonesia U-23 akan membuat catatan sejarah dengan lolos ke Olimpiade untuk kali pertama dalam 68 tahun.

Pasalnya, satu-satunya kesempatan yang pernah dicicipi Indonesia di Olimpiade terjadi pada 1956 saat Olimpiade digelar di Melbourne, Australia.

Pertemuan Indonesia U-23 vs Irak U-23 berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, pada Kamis, 2 Mei 2024, pukul 22.30 WIB.

Selain berburu posisi ketiga, laga itu juga jadi jalan terakhir bagi kedua tim menuju Olimpiade Paris 2024.

Namun, bagi tim yang kalah, perjalanan akan lebih panjang karena mesti menjalani laga playoff antarkonfederasi dengan menghadapi wakil Afrika, Guinea, untuk berebut tiket Olimpiade terakhir.