Microsoft Investasi Rp16,2 Triliun di OpenAI pada 2019 karena Khawatir dengan Kemajuan AI dari Google
Microsoft menginvestasikan  1 miliar dolar AS (Rp16,2 triliun) di OpenAI karena "sangat khawatir" akan Google (foto: dok. microsoft)

Bagikan:

JAKARTA - Pada tahun 2019, Microsoft menginvestasikan  1 miliar dolar AS (Rp16,2 triliun) di OpenAI karena "sangat khawatir" bahwa Google sudah beberapa tahun lebih maju dalam meningkatkan upaya kecerdasan buatannya.

Sebuah email internal, berjudul "Pemikiran tentang OpenAI," antara CTO Microsoft Kevin Scott, CEO Satya Nadella, dan salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates mengungkapkan beberapa diskusi tingkat tinggi seputar peluang investasi beberapa bulan sebelum Microsoft mengumumkan kemitraan tersebut.

Email tersebut dirilis pada  Selasa 30 April, sebagai bagian dari kasus antitrust Departemen Kehakiman AS yang sedang berlangsung terhadap Google, seperti laporan  Business Insider.

"Kita tertinggal beberapa tahun dari kompetisi dalam hal skala pembelajaran mesin," tulis Scott dalam emailnya tanggal 12 Juni 2019 kepada Nadella dan Gates. Dia menjelaskan bagaimana butuh enam bulan bagi insinyur Microsoft untuk mereplikasi model bahasa BERT milik Google dan melatihnya "karena infrastruktur Microsoft tidak cukup mampu."

Scott mengatakan awalnya dia meremehkan upaya kecerdasan buatan di OpenAI dan Google DeepMind ketika perusahaan-perusahaan itu bersaing untuk melihat siapa yang "dapat mencapai aksi paling mengesankan dalam permainan" — sebuah referensi jelas kepada demo AlphaGo Zero dari Google DeepMind.

Scott merasa lebih terkesan ketika hal-hal bergerak menuju model pemrosesan bahasa alami. "Saat saya mencoba untuk memahami di mana semua kesenjangan kemampuan antara Google dan kami untuk pelatihan model, saya sangat, sangat khawatir," tulis Scott.

Menurut Scott beberapa model AI awal dari Google membantu Google memiliki keunggulan kompetitif melawan Bing. Bahkan dia memuji fitur autocomplete di Gmail Google yang "sangat bagus" pada tahun 2019.

Nadella menanggapi pemikiran Scott tentang OpenAI dengan meneruskannya kepada CFO Microsoft Amy Hood, mencatat bahwa ini adalah "alasan mengapa saya ingin melakukannya." Hood adalah anggota kunci tim pimpinan senior Microsoft dan bertugas mengawasi target keuangan perusahaan serta secara teratur menjaga pengeluaran Microsoft tetap terkendali.

Thread email ini sangat di-redaksi dan tampaknya merupakan balasan untuk Nadella atau Gates. Meskipun Gates mundur dari dewan Microsoft pada tahun 2020 di tengah penyelidikan atas hubungannya dengan seorang karyawan, dia dilaporkan masih menjadi bagian besar dari hubungan berkelanjutan Microsoft dengan OpenAI.

Tidak jelas dari email internal ini siapa yang memulai diskusi tentang OpenAI pada 2019, tetapi Business Insider melaporkan awal pekan ini bahwa Gates  secara rutin bertemu dengan OpenAI sejak 2016 dan membantu menengahi kesepakatan tersebut.

Microsoft sekarang telah menginvestasikan lebih dari  13 miliar dolar AS (Rp 210,7 triliun) di OpenAI, menambahkan modelnya ke aplikasi Office, mesin pencari Bing, Edge, dan bahkan di dalam sistem operasi Windows-nya.

Ini telah membantu Microsoft terlihat lebih sebagai pemimpin dalam bidang kecerdasan buatan, bukan tertinggal seperti yang mereka khawatirkan lima tahun yang lalu. Nadella juga baru-baru ini menjadikan kecerdasan buatan dan keamanan sebagai dua area fokus utama Microsoft pada tahun 2024 dan seterusnya, menandakan bahwa peluncuran fitur kecerdasan buatan dalam produk Microsoft tidak akan melambat.

Terkait