Perjalanan Karir Mantan Drumer Dewa 19 Wawan Juniarso yang Kini Digugat Cerai
Wawan Juniarso (Instagram @wa2n_juniarso)

Bagikan:

KALIMANTAN TIMUR – Lama tidak muncul di pemberitaan, mantan drumer band Dewa 19 Wawan Juniarso kini heboh kembali lantaran digugat cerai oleh istrinya.

Inge Indrawati, adalah istri dari Wawan Juniarso yang menggugat cerai dirinya. Padahal mereka telah melangsungkan pernikahan selama 23 tahun.

Di luar urusan rumah tangga Wawan, melalui artikel ini mari kita bahas perjalanan karir salah satu pendiri grub Dewa 19 yang legendaris tersebut.

 

Bersama Dhani, Erwin, dan Andra, Wawan Juniarso Merintis Dewa 19

 

Pada tahun 1986, Wawan, Dhani, Erwin, dan Andra membentuk grub musik atau band Dewa 19. Menariknya “W” pada “Dewa” adalah akronim dari nama Wawan.

Pada awal karir Dewa, rumah Wawan kerap dijadikan basecamp oleh para personel Dewa 19. Bahkan, Wawan juga anggota yang merekomendasikan Ari Lasso menjadi vokalis di band mereka.

 

Lalu pada tahun 1988, Wawan memutuskan hengkang dari Dewa 19 dan memilih bergabung dengan band Outsider. Hal tersebut lantaran adanya perbedaan arah musik pada diri Wawan dan Dewa 19.

Diketahui, Wawan adalah penyuka genre musik rock, sementara Dewa 19 yang berakar dari pop mulai berubah menjadi jazz atas pengaruh dari Erwin.

Meskipun sudah keluar dari band, namun Wawan kembali dipanggil menghidupkan Dewa 19—dengan turut mengajak Ari Lasso. Kembalinya Wawan membuat Dewa 19 tidak lagi terjerat pada satu jenis musik.

Dewa 19 telah mengkombinasikan beberapa aliran musik di antaranya pop, rock, dan jazz ke dalam satu warna baru.

Kemudian di tahun 1992, Dewa 19 meluncurkan album perdananya yang bertajuk self-titled. Namun di luar dugaan, single berjudul ‘Kangen’ dan ‘Kita Tidak Sedang Bercinta Lagi’ malah meledak dan laris manis di pasaran.

Dalam album perdana Dewa 19, Wawan turut menciptakan lagu berjudul ‘Dewa & Si Mata Uang’ bersama Dhani dan Erwin. Lagu tersebut merupakan satu-satunya yang diciptakan Wawan bersama Dewa 19.

Kemudian selang dua tahun, di tengah penggarapan album kedua Dewa 19 (Format Masa Depan) Wawan hengkang kembali. Posisi Wawan diganti oleh dua additional yaitu Ronald Fristianto (drum) dan Rere Reza (Grassrock).

Infor terkini, Wawan menjalani profesi di belakang layar. Dirinya sempat menjadi manager beberapa grup musik di antaranya Netral, The Fly, penyanyi cilik Tegar, Indah Kusuma, dan lain sebagainya.

Bahkan Wawan bersama Alfas Hermansyah mendirikan perusahaannya sendiri yaitu PT Negri Diawan yang merupakan label musih dan manajemen artis Indonesia.

Mirisnya, pandemi COVID-19 membuat kondisi perekonomian Wawan hancur lebur. Hal tersebut, kabarnya yang menjadi faktor penyebab dirinya digugat cerai oleh istrinya.

Selain kabar mengenai mantan drumer Dewa 19 Wawan Juniarso, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!