3 Kota Terkaya di Kalimantan Timur Ini Masuk dalam 10 Besar Kabupaten Paling Kaya di Indonesia
Iustrasi kekayaan (Pixabay/nattanan)

Bagikan:

KALIMANTAN TIMUR – Terdapat 3 kota terkaya di Kalimantan Timur yang masuk dalam 10 besar kabupaten paling kaya di Indonesia pada tahun 2019.

Data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 tersebut baru dirilis untuk umum pada akhir tahun 2020.

BACA JUGA:


Penetapan 10 kabupaten paling kaya di Nusantara tersebut didasari oleh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita yang dihasilkan masing-masing daerah.

Beberapa daerah yang masuk 10 besar tersebut di antaranya Kutai Timur (peringkat ketiga), Kutai Kartanegara (peringakat kedelapan), dan Kutai Barat (peringkat 10).

3 Kota Terkaya di Kalimantan Timur dan Potensi Daerahnya

1.     Kutai Timur

Potensi daerah yang menjadi penopang ekonomi Kabupaten Kutai Timur adalah tambang dan perkebunan.

Di Kutai timur terdapat tambang batubar terbesar PT. Kaltim Prima Coal dengan area konsesi pertambangan seluas 84.938 ha yang tersebar di di Sangatta, Benyamin, dan Rantau Pulung.

Menariknya PT. Kaltim Prima Coal di Kutai Timur, Kalimantan Timur adlaah salah satu tambah batu bara terbesar di dunia yang merupakan anak perusahaan Bumi Resources.

Selain batubara, sektor perkebunan kelapa sawit adalah andalan di Kutai Timur. Perkembangan perkebunan kelapa sawit semakin berkembang seiring dengan laju pertumbuhan koperasi.

 Sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kutim, luas perkebunan kelapa sawit di Kutai Timur hingga saat ini mencapai sekitar 303.000 hektare.

2.     Kutai Kartanegara

Sama halnya dengan Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara masih bergantung pada sektor pertambangan yang kebanyakan untuk kebutuhan ekspor. Dilansir dari laman resmi Kabupaten Kutai Kartanegara mencakup mencakup pertambangan migas dan non migas.

Minyak bumi dan gas alam adalah hasil tambang yang cukup berpengaruh dalam kegiatan perekonomian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dilansir dari laman resmi pemerintahn Kabupaten Kutai Kartanegara, hasil tambang adalah komoditi ekspor utama. Dinas pertambangan mencatat total produksi batu bara di Kutai Kartanegara tahun 2015 mencapai 55.844.597,90 ton (yang berasal dari 73 perusahaan tambang batu bara).

3.     Kutai Barat

Dilansir dari laman resmi Kabupaten Kutai Barat, pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut dinyatakan semakin meningkat setiap tahunnya.

Laju pertumbungan ekonomi di Kutai Barat didorong oleh pengembangan peluang usaha ekonomi mikro dan usaha kecil menengah pada beberapa di sektor di antaranya kerajinan, kuliner khas tradisional, dan pariwisata.

Semakin tingginya ekonomi Kutai Barat kini dapat dilihat dari angka kemiskinan yang semakin menurun. Pada tahun 2017, data kemiskinan di wilayah tersebut hanya berkisar  7,52 persen.

Selain itu, penurunan angka kemiskinan dibuktikan dengan berkurangnya penerima jatah beras sejahtera (Rastra) di Kutai Barat.

Selain pengenalan 3 kota terkaya di Kalimantan Timur, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait